Senin, 13 April 2020

Jejak si Kembar Keturunan Indonesia di Liga Jepang


 SEBARIS365 - Pemain sepakbola keturunan Indonesia ternyata meninggalkan jejak di Liga Jepang. Mereka adalah si kembar Riki Matsuda dan Riku Matsuda. Agen Situs QQ

Keduanya lahir di Osaka pada 24 Juli 1991 dan memulai kariernya di tim kampus, Biwako Seikei Sport College. Mereka sudah berkarier masing-masing di klub berbeda, tak seperti Tachibana bersaudara di serial animasi Captain Tsubasa.


Riki bersama Ventforet Kofu yang merupakan peserta J2 League. Sementara Riku tergabung di Cerezo Osaka yang merupakan anggota J1 League. 

Baik Riki dan Riku sama-sama berposisi asli sebagai penyerang. Namun Riku kini sudah paten berganti posisi menjadi bek.

Beberapa laman sepakbola Negeri Sakura menyebut mereka sebagai hāfu (diambil dari kata Inggris, half), yang berarti punya darah keturunan. Ayahnya adalah orang Indonesia sementara ibunya warga Jepang. 

Tapi tak banyak yang menceritakan asal-usul kedua orang tua mereka. Ayahnya yang tak diketahui namanya disebut meninggalkan keluarga.

Sang ibu pun harus merawat dan membesarkan si kembar di Jepang. Perlahan, hal itu mulai terkuak dengan beberapa postingan terakhir Riki di akun Instagram miliknya.

Penyerang Ventforet Kofu dua kali mengindikasikan punya darah Indonesia lewat dua postingan terakhirnya di Instagram. Terkini, ia bersama saudara kembarnya dan ibunya, tampak mengenakan pakaian tradisional Jawa. 

Besar kemungkinan pertemuan kedua orang tua mereka adalah imbas kolonialisme Jepang di Indonesia pada Perang Dunia II. Sebagaimana yang sudah lumrah di Belanda dimana banyak orang-orang keturunan di Indonesia.

Fakta ini sekaligus membuka mata bahwa ada potensi pemain Jepang lain yang punya garis keturunan Indonesia. Hanya saja, banyak orang Jepang yang enggan terbuka dengan kisah penjajahan bangsa mereka di masa lalu. 

0 komentar:

Posting Komentar