Rabu, 15 April 2020

Karena Alasan Ini PM Selandia Baru Rela Gajinya Dipotong Imbas Corona


SEBARIS365 - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengumumkan gajinya akan dipotong 20 persen selama enam bulan ke depan sebagai bentuk solidaritas untuk warga yang berjuang secara finansial selama pandemi virus Corona. Gaji jajaran menteri dan pejabat tinggi negara itu juga ikut dipotong. Agen Situs QQ 

Seperti dilansir AFP, Rabu (15/4/2020), dengan pemotongan 20 persen, maka gaji tahunan PM Ardern akan berkurang dari NZ$ 470 ribu (Rp 4,3 miliar) menjadi NZ$ 376 ribu (Rp 3,5 miliar). Ini berarti gajinya terpotong sekitar NZ$ 47 ribu (Rp 437,7 juta) untuk periode enam bulan.


"Meskipun itu sendiri tidak akan mengubah posisi fiskal keseluruhan pemerintah, ini lebih soal kepemimpinan," ucap PM Ardern kepada wartawan setempat. "Ini selalu hanya akan menjadi pengakuan untuk pukulan yang dirasakan banyak warga Selandia Baru saat ini," imbuhnya. 

Ditegaskan PM Ardern bahwa pemotongan gaji tidak akan diterapkan pada sektor layanan publik. "Banyak orang di sektor publik merupakan para pekerja esensial garda depan -- para perawat, polisi, profesional medis," sebutnya.

"Kami tidak menyarankan pemotongan gaji di sini, warga Selandia Baru juga tidak akan menganggapnya pantas," ujarnya.

PM Ardern menyebut keputusan ini diambil dengan menyoroti tantangan ekonomi yang akan dihadapi warga Selandia Baru beberapa bulan ke depan. Meskipun total kasus virus Corona di wilayahnya tergolong sedikit, Selandia Baru menerapkan lockdown (penguncian) selama satu bulan untuk sepenuhnya menghilangkan virus ini. 

0 komentar:

Posting Komentar