Sabtu, 25 April 2020

Umuh Muchtar Setuju Shopee Liga 1 Lanjut Tanpa Penonton


 SEBARIS365 - Komisaris Persib Bandung Umuh Muchtar menyetujui wacana digelarnya kembali kompetisi Shopee Liga 1 2020 meski tanpa penonton.  Agen Situs QQ 

"Kalau saya setuju, daripada sepi minimal ada hiburan masyarakat. (pertandingan) juga bisa disiarkan juga di TV, tidak ada masalah," ujar Umuh melalui sambungan telepon, Sabtu (25/4/2020).

Idealnya, ujar Umuh, kompetisi bisa digelar kembali selepas bulan suci Ramadhan. "Mudah-mudahan saja berjalan lancar, itu kan tidak ada penonton, jadi masing-masing klub tinggal menjaga saja. Idealnya sesudah bulan puasa, sekitar Juni," kata Umuh.


Walau begitu, ia menekankan, protokol kesehatan yang diterapkan antarklub yang bertanding nanti harus benar-benar diperhatikan. "Asal nanti sama-sama menjaga dan lebih diperketat setiap pertandingannya," ujar pria berusia 71 tahun itu.

Wacana digelarnya pertandingan tanpa penonton semakin mengemuka di tengah pandemi COVID-19. Opsi itu pun sepertinya akan diterapkan di beberapa negara di Eropa, seperti Spanyol, Inggris, Jerman, Perancis dan Italia. 

Pelatih Persib Robert Rene Alberts menilai, usulan untuk menggelar kompetisi kembali layak untuk dipertimbangkan.

"Risikonya terlalu besar jika menggelar laga dengan penonton. Saya pikir, kita bisa melakukan hal yang sama dengan itu (pertandingan tanpa penonton) di Indonesia di bulan Juli, " kata Robert, Senin (2/4/2020).

Untuk mengobati kerinduan suporter, Robert menganjurkan untuk memaksimalkan peran media dalam penyiaran. Tapi di sisi lain, ia juga berharap adanya aturan ketat soal perlindungan terhadap pemain.

"Bila pun nanti kita bertanding di stadion yang kosong, itu tidak masalah. Karena yang penting semua bisa bermain bola, dengan tolak ukur yang benar kita bisa mencegah penyebaran virus hingga bisa musnah semuanya," kata pelatih asal Belanda itu.

"Kita punya saluran langsung di televisi, kemudian Persib TV dan lain-lain yang penting kita bisa menghibur para pendukung secara online," kata Robert melanjutkan. 

0 komentar:

Posting Komentar