Senin, 06 April 2020

Viral Aksi Kebaikan Penduduk Desa Berbagi Makanan Gratis Demi Cegah Corona


SEBARIS365 -  Demi mencegah penularan Covid-19 yang semakin menyebar, setiap orang disarankan untuk melakukan isolasi diri dan menjaga kebersihan. Sayangnya bagi beberapa orang, melakukan isolasi diri tidak bisa dilakukan. Orang-orang yang tidak bisa karantina di rumah ini harus tetap bekerja di luar demi menghidupi keluarga.   Agen Situs QQ 

Namun ketika aturan lockdown diberlakukan, aturan karantina diri ini harus diikuti semua orang. Akibatnya mereka yang mendapat penghasilan dengan bekerja di luar rumah setiap harinya jadi tak bisa memiliki uang untuk membeli kebutuhan pokok. Kondisi inilah yang membuat sebuah desa di Sabah, Malaysia menginisiasi gerakan untuk saling membantu dengan menyediakan kebutuhan dasar seperti sayuran buatan sendiri dan ikan segar. Berkat aksinya tersebut, desa yang terletak di kampung Pogunon, Penampang itu mendadak menjadi viral di Facebook.


Seperti dikutip World of Buzz, postingan mengenai desa itu diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Bosku Urang Kita Sabah pada 3 April 2020. Hingga saat ini postingan tersebut telah memperoleh 4,3 ribu lebih penyuka dan dibagikan oleh 6,2 ribu pengguna media sosial lainnya. 

Unggahan tersebut memperlihatkan foto-foto dari para penduduk desa yang membagikan hasil panennya dengan menaruhnya di dalam plastik lalu menggantungkannya di pagar rumah mereka. Ada juga yang menyediakan meja di luar rumahnya untuk meletakkan hasil panen. Tidak lupa mereka juga meninggalkan catatan yang mengatakan bahwa hasil-hasil panen tersebut boleh diambil secara gratis, satu plastik untuk satu rumah. 

Strategi itu sangatlah bagus untuk mengurangi interaksi langsung antara satu orang dengan orang lainnya di tengah pandemi corona. Banyak netizen yang berkomentar dan memberikan doanya untuk komunitas di desa tersebut. 

"Amalan mulia... Salute penduduk Sabah," tulis salah satu komentar

"Semoga bertambah rezeki kamu," tulis komentar lainnya.

Apa yang dilakukan oleh penduduk desa di Malaysia ini bisa menjadi contoh baik yang bisa ditiru. Tetap menjalankan prosedur keamanan untuk mencegah Covid-19, namun tetap bisa saling tolong menolong. Bagaimana menurutmu?

0 komentar:

Posting Komentar