Selasa, 12 Mei 2020

Dentuman Misterius di Jateng Dini Hari Tadi Dipicu Sonic Boom?


SEBARIS365 -  BMKG menganalisis suara dentuman misterius yang didengar sejumlah masyarakat di Jawa Tengah dini hari tadi. Salah satunya soal dugaan sonic boom, apa itu?
Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, ada beberapa sumber yang bisa memicu suara dentuman misterius tersebut. Antara lain sonic boom atau gelombang kejut dari pesawat jet. Agen Situs QQ 

"Sonic boom ini merupakan shock waves atau gelombang kejut dari pesawat jet. Jadi ketika pesawat jet ini melebihi kecepatan suara maupun aktivitas vulkanik maka akan memicu suara seperti itu," kata Setyoajie .


Ia menjelaskan, berdasarkan monitoring BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, suara dentuman yang terdengar di daerah Sragen, Boyolali, dan Solo tersebut tidak terkait dengan aktivitas seismik (gempa tektonik). Baik yang dipicu aktivitas sesar lokal maupun aktivitas zona subduksi selatan Jawa. 

"Ini tidak ada kaitannya dengan gempa tektonik, sedangkan jika melihat data meteorologis, sebagian besar awan hujan lebih terkonsentrasi di utara dan pesisir selatan Jawa. Hal ini konsisten dengan distribusi sambaran petir pada tanggal 10 Mei-11 Mei 2020, pukul 23.00 WIB sampai 05.00 WIB," jelasnya.

Sambaran petir ini sebagian besar terkonsentrasi pada wilayah utara, barat laut, barat, barat daya, selatan dan tenggara Jawa Tengah. Sehingga menurutnya, kecil kemungkinan suara dentuman tersebut dipicu oleh aktivitas sambaran petir.

"Untuk sumber suara dentuman ini dari petir kecil kemungkinan, karena tidak adanya aktivitas sambaran petir di lokasi terdampak pada rentang waktu itu. Tetapi karena luasnya daerah yang merasakan dentuman, perlu kajian lebih lanjut apa penyebab pastinya," ujarnya. 

0 komentar:

Posting Komentar