Selasa, 05 Mei 2020

Komnas HAM Kecam Aksi Prank 'Makanan' Sampah ke Waria di Bandung: Tak Etis!


SEBARIS365 -  Komnas HAM mengecam keras aksi YouTuber Ferdian Paleka soal video prank yang menampilkan pembagian dus makanan berisi sampah kepada waria. Komnas HAM menilai aksi tersebut tak etis di tengah situasi sulit pandemi virus Corona (COVID-19).  Agen Domino QQ

"Pertama, mengecam keras tindakan para YouTuber tersebut. Tidak etis dan tidak berperikemanusiaan apalagi dilakukan dalam situasi sulit seperti sekarang ini dimana empati dan solidaritas kemanusiaan dibutuhkan," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Senin (4/5/2020).


Dari aksi Ferdian, Beka menilai waria masih menempati kelas dua sebagai warga negara sehingga bisa dipermainkan. Padahal, menurut Bekas masih berbekas bagaimana seorang waria yang dibakar oleh warga bulan lalu di Cilincing, Jakarta Utara. 

"Kedua, tindakan tersebut merefleksikan stigma dan diskriminasi kepada kelompok rentan khususnya kawan-kawan transpuan masih tinggi di masyarakat. Perasaan bahwa transpuan warga negara kelas dua dan bisa dikorbankan seenaknya masih tertanam dalam di benak sebagian orang Indonesia. Bulan lalu ada transpuan yang dibakar hidup-hidup di Cilincing dan hari ini ada kejadian di Bandung," ujarnya.

"Ketiga, dua kejadian tersebut menunjukkan masih lemahnya edukasi publik dan perlindungan hak asasi manusia oleh pemerintah (pusat dan daerah) kepada kawan-kawan transpuan," sambung Bekas.

Komnas HAM meminta polisi untuk mengusut kasus ini seadil-adilnya. Serta meminta pemerintah daerah memberikan perlindungan kepada semua warga tanpa terkecuali. 

"Komnas HAM mendesak kepolisian untuk memproses kasus tersebut dan menyelesaikan dengan seadil-adilnya. Meminta juga kepada pemerintah daerah melindungi seluruh warganya tak terkecuali transpuan dari perlakuan tidak adil dan diskriminatif," imbuh Bekas.

Sebelumnya, YouTuber Ferdian Paleka tengah diburu polisi. Hal tersebut berkaitan ulah Ferdian membuat video prank yang menampilkan aksi pembagian dus makanan berisi sampah kepada waria dan bocah.

Polisi sempat mendatangi kediaman Ferdian di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung. Namun pemuda tersebut tak ada di rumah.

"Sempat juga kita sentuh di rumahnya, memang yang bersangkutan tidak ada di situ. Kita tetap berupaya paksa," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (4/5/). 

1 komentar:

  1. Hanya Dengan Deposit 10.000 Temen-Temen Sudah Bisa Bermain Dalam 9 Games Permainan di Rumah , duduk santai sambil Ngopi.. Mengikuti anjuran pemerintah Stay AT Home... Jackpot Besar selalu menanti Boss kuu..

    PROMO BONUS SPECIAL INDOSITUS.COM

    <> Bonus Rollingan 0.5% ( Dibagikan setiap hari senin dan kamis )
    <> Bonus Referral 20% ( Seumur Hidup )
    <> Bonus Jackpot Jutaaan Rupiah Disetiap Hari nya

    Kami juga menyediakan 9 jenis game yang dapat di mainkan dalam 1 akun :
    #POKER
    #BANDARPOKER
    #ADUQ
    #BANDARQ
    #CAPSASUSUN
    #DOMINOQQ
    #SAKONG
    #BANDAR66
    #PERANGBACCARAT
    #COMINGSOON
    #AgenQQ
    #Datok99pkv
    #Bandarsakong

    Untuk Info Lebih Lanjut anda bisa menghubungi kontak kami di

    WA : +6287871131970
    WA : +6287828558766
    Line : datok99.live
    Livechat : http://datok99.cc/

    www.indositusqq.com
    https://datok99.vip/?ref=ayo93
    https://www.88nagabola.com/
    http://dtk99.vip

    https://www.sebaris365.com/
    https://datok99sepakbola.blogspot.com/
    https://malemyangmencekam.blogspot.com/
    https://agbcabecabean.blogspot.com/

    https://beritahangat96.blogspot.com/
    https://dudagenit.blogspot.com/

    BalasHapus