Selasa, 12 Mei 2020

Warga Usia di Bawah 45 Boleh Beraktivitas, IDI Tekankan Protokol Kesehatan


SEBARIS365 -  Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengizinkan warga berusia di bawah 45 tahun untuk bekerja demi redam maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menekankan adanya protokol kesehatan di setiap perusahaan jika aturan tersebut diberlakukan.  Agen Situs QQ 

"Tentunya harus ada upaya-upaya yang dilakukan, misalkan protokol di dalam melakukan pekerjaan," ujar Sekjen PB IDI Adib Khumaidi, saat dihubungi, Senin (11/5/2020).
Adib mencontohkan seperti protokol penggunaan masker dalam bekerja. Lalu, adanya peraturan physical distancing atau jaga jarak selama bekerja. 


"Harus ada evaluasi, harus menyeluruh terlebih dahulu sebelum membuat kebijakan, supaya kemudian harus disiapkan dulu yang namanya protokol-protokol itu," kata Adib. 
Ia khawatir jika pemerintah hanya membuat kebijakan berdasarkan data kerentanan usia di bawah 45 tahun, maka akan melahirkan potensi sumber penularan baru.

"Sebuah upaya kebijakan harus ada langkah-langkah atau kajian yang lebih komprehensif terkait juga urusan mempersiapkan untuk masyarakat kembali seperti biasa maka harus ada protokol-protokol yang disiapkan terlebih dahulu," ungkap Adib.

"Fasilitas kesehatan juga harus diperkuat," lanjutnya. 
Sebelumnya, pemerintah saat ini tengah mencari titik keseimbangan agar masyarakat tidak banyak terpapar virus Corona dan juga tidak terpapar PHK. Salah satunya dengan mempersilahkan masyarakat berusia 45 tahun ke bawah untuk beraktivitas kembali.

"Kelompok ini tentunya kita berikan ruang untuk bisa beraktivitas lebih banyak lagi, sehingga potensi terkapar karena PHK akan bisa kita kurangi," kata Doni Monardo dalam konferensi pers virtual, Senin (11/5/2020). 

0 komentar:

Posting Komentar